Langsung ke konten utama

Penemu Bola Lampu (Biografi Thomas Alva Edison) (Momen 18 Oktober)

Image : J.M. White & Co. (Wikimedia)

Kita ketahui dalam pelajaran, penemu bola lampu adalah Thomas Alva Edison. Selain itu, Ia dikenal sebagai Ilmuwan Fisika yang jenius. Thomas Alva Edison tutup usia di rumahnya di kawasan West Orange, New Jersey, Amerika Serikat pada 18 Oktober 1931 dengan usia 84 tahun (lahir 11 Februari 1847 dan meninggal 18 Oktober 1931) .

Edison lahir pada 11 Februari 1847, di Desa Milan, Ohio. Dirinya sempat mendapat pendidikan formal yang berupa program wajib saat kecil. Saat masa sekola Edison sering mendapat nilai jelek di sekolahnya, sehingga ibunya memutuskan memberhentikannya dari sekolah dan memilih belajar secara mandiri d rumah. Di rumah Ia membaca buku-buku ilmiah dewasa dan melakukan percobaan-percobaan kecil.

Saaat usia 12 tahun ia sempat  bekerja sebagai penjual koran, buah dan permen di kereta api untuk membiayai ujicoba-ujicoba yang dilakukannya. Keberhasilan yang didapatkan Edison bukan tanpa melalui cobaan. Saat muda dirinya telah mengalami gangguan pendengaran. Namun hal itu tidak membuatnya patah semangat dan terus berusaha. Hingga pada usia 16 tahun Ia berhasil bekerja sebagai operator telegraf. Mulai saat itu, Ia terus melakukan inovasi dan mengembangkan sistem telegraf.

Sejak tahun 1869 Edison mulai fokus melakukan penelitian. Pada tahun 1876 Ia pindah ke Menlo Park, New Jersey dan mengubah sebuah bengkel disana menjadi sebuah laboratorium. Sejak saat itu Ia mengembangkan Ilmu Matematikanya dan Teknisnya serta melakukan berbagai percobaan. Usahanya tersebut membuahkan hasil, sehingga dirinya berhasil menemukan fonograf dan melakukan riset inovasi telefon sebgai alat komunikasi.


Sejak penemuan itu, nama Edison semakin dikenal dan menjadi batu loncatan serta ambisi untuk terus mengembangkan penemuannya. Hingga pada tahun 1879 usahanya membuahkan  hasil sebagai mana yang kita ketahui dirinya menemukan bola lampu. Selain itu, Edison juga berhasil menciptakan proyektor dan kamera film Pada akhir tahun 1880. Tahun 1882 ia berhasil memasang lampu-lampu bertenaga listrik di tepi-tepi jalan di kota New York. Hal ini adalah pertama kalinya di dunia lampu listrik di pakai di jalan-jalan.

Pada tahun 1887, Edison mengambangkan laboratoriumnya dan menjadi laboratorium riset industri pertama di dunia. Sejak saat itu, Ia telah banyak melakukan penemuan di bidang kelistrikan, misalnya menciptakan sistem distribusi listrik, membangun pembangkit listrik pertama dunia, menemukan baterai alkaline, serta banyak penemuan lainnya dibidang kelistrikan. Saat berusia 80 tahun, terhitung ia memiliki 1.093 hak paten.

Pada tahun 1928, Edison mendapat penghargaan berupa medali khusus dari Kongres Amerika Serikat. Edison sang penemu kemudian meninggal saat berusia 84 tahun dan saat itu bertepatan dengan hari bersejarahnya, yaitu hari ulang tahun penemuan bola lampu moderennya tanggal 18 Oktober 1931. Semasa hidupnya, Thomas Alva Edison diketahu memiliki 6 orang anak dari 2 orang Isteri.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Monumen Menara Iblis (The Devil's Tower Monument)

Monumen Menara Iblis (The Devil's Tower Monument) Pic by: Jason Sturner The Devil's Tower Monument (Monumen Menara Iblis), merupakan menara yang sangat besar  dan terbentuk secara alami tanpa campur  tangan manusia. Menara ini merupakan gunung batu yang menjulang dengan tinggi 1266 ft (kaki), atau setara dengan  386 meter diatas dataran sekelilingnya. Bentuknya yang tinggi serta memiliki sisi yang hampir tegak lurus, membuatnya menjadi unik. Devil's Tower ini berada di timur laut Wyoming, Amerika Serikat. Gunung batu ini diperkirakan  terbentuk  sejak puluhan juta tahun yang lalu akibat aktivitas vulkanik bumi. Selain itu, pengikisan di sisi gunung ini membuat bentuk gunung ini menjadi semakin menarik. Sisi gunung ini tampak bergaris-garis lurus memanjang seperti dikeruk atau diukir dengan suatu benda. Gunung ini ditemukan oleh Kolonel Richard Irving Dodge pada tahun 1875. Setelah itu pada tanggal 24 September 1906, Devil's Tower diresmikan oleh Presi

Keindahan Raja Ampat (Beautiful of Raja Ampat)

Keindahan Raja Ampat, Indonesia Pic by: Riana Ambarsari Nama Kepulauan Raja Ampat berasal dari  empat pulau utama yaitu Batanta, Misool, Salawati, dan Waigeo yang konon merupakan kerajaan.  Kepulauan ini terletak di kabupaten Raja Ampat, propinsi Papua Barat. Raja Ampat masuk dalam Coral Triangle (segitiga karang) dan merupakan taman nasional laut terbesar di Indonesia. Ekosistem terumbu karangnya merupakan yang terkaya di dunia. Tercatat lebih dari 500 terumbu karang, lebih dari 1000 jenis ikan karang, dan hampir seribu jenis moluska ada di ekosistem lautnya. Di Raja Ampat juga dikenal dengan ikan spesies aslinya yaitu Eviota Raja (ikan gobbie), Wabbegong (khas Papua), serta juga Dugong. Raja Ampat menjadi tujuan para penyelam-penyelam yang ingin melihat keindahan laut dengan biota terkaya dan paling menakjubkan untuk dilihat. Menyelam dan berenang berbagai biota laut menjadi momen yang paling indah. Di dalam laut yang biru jernih, terlihat berbagai terumbu k

Patung Moai (Misteri Easter Island)

Moai (Misteri Easter Island)  Pulau ini terletak di antara Tahiti dan Chili, dan meraih perhatian dunia internasional karena patung kolosal yang luar biasa berbentuk wajah manusia yang disebut Moai. Moai adalah patung-patung yang terdapat di Pulau Paskah yang dipahat dari batu . Sebagian besar patung tersebut berjenis monolitis, atau dipahat dari satu batu saja, walaupun ada juga yang mempunyai batu Pukau tambahan terpisah yang diletakkan di bagian kepala. Terdapat lebih dari 600 Moai yang tersebar di seluruh pulau. Sebagian besar moai dipahat dari batu karang vulkanik lunak yang terdapat di daerah Rano Raraku dan mewakili karya masyarakat Rapa Nui , di mana tersisa sekitar 400 moai lainnya yang belum jadi. Tambang tersebut sepertinya ditinggalkan tiba-tiba. Hampir seluruh moai yang telah selesai dipahat kemudian dihancurkan oleh penduduk pribumi setempat pada masa setelah berakhirnya konstruksi. Berat beberapa patung itu masing-masing dapat mencapai 75-80 ton. Sampai